31 Maret 2008

LIPUTAN PERTEMUAN MASTERMIND TDA JAKSEL KE 6

Sabtu, 29 Maret 2008 hari yang ditunggu-tunggu selama 2 minggu, hari itu pertemuan mastermind Jakarta Selatan diselenggarakan di kediaman Ibu Salma dan Pak Alwi. Beliau berbaik hati telah menyediakan rumahnya untuk dijadikan tempat petemuan. Kebaikan pasangan ini terlihat juga dengan adanya rumah bacaan “Cahaya” yang berada persis di sebrang rumahnya. Dua orang volunteer pun diajar berkumpul untuk mendengarkan WIFLE dan materi tentang penulisan oleh Pak Jonru.

Saya datang pukul 10 kurang beberapa menit, dan ternyata Pak Jonru sudah hadir lebih pagi dari saya. Hmmm dari hal kecil ini saja, saya bisa menyimpulkan betapa baiknya integritas Pak Jonru. Maklum, di kantor tempat saya menjadi TDB, ada ungkapan bahwa “my word is my bond”. Setiap kata ibarat janji yang mengikat untuk ditepati. Untuk mengisi waktu saya berdua Pak Jonru berbincang-bincang ringan. Saat berbincang-bincang, Ibu Salma memberitahukan bahwa tadi sudah datang Pak Isdiyanto membawa souvenir majalah WK, Buku UKM, Buku Yon Koeswoyo dan Mug WK, untuk peserta yang hadir. Wow …. jujur saja saya kagum, nampaknya Pak Isdy ini murah hati … dan biasanya semakin banyak memberi akan semakin banyak menerima….. Insya Allah, Pak Isdy akan mendapatkan balasan kebaikannya, lebih banyak lagi ….. Amin.

Tidak lama kemudian mulailah berdatangan kawan-kawan TDA, acara dimulai jam 10.30 dengan moderator Pak Dudun. Tak disangka peserta TDA kali ini hadir 22 orang. WIFLE pun dimulai, masing-masing bersemangat dalam menyampaikan perkenalan diri, bisnis dan target/pencapaian yang telah diperolehnya. Apalagi pada saat Pak Isdy hadir kembali ke rumah Ibu Salma, rasanya Pak Isdy bagaikan Bank Ide yang senantiasa memberikan wawasan bagi kita yang hadir disitu. Tidak terasa adzan zhuhur pun berkumandang, masih ada 3 orang yang belum kebagian WIFLE.

Acara dilanjutkan sambil makan siang “RM Sederhana” yang disediakan tuan rumah, tidak lupa Ibu Nadila mengingatkan akan iuran untuk makan siangnya dikumpulkan. Saya sempat berpikir, apa iya cukup dengan iuran sebesar itu? Jangan-jangan tuan rumah “mensubsidi” makan siang kita. Lagi-lagi kebaikan tuan rumah terlihat dari “kualitas pelayanan” kepada rekan-rekan TDA. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Bu Salma & Pak Alwi.

Ada lagi yang berbaik hati, Pak Tono, saat WIFLE, beliau akan memberikan software analisa bisnis kepada rekan-rekan TDA yang hadir disini. Terima Kasih Pak Tono. Semoga kliennya tambah banyak. Amin.

Selepas makan, istirahat dan sholat, mulailah Pak Jonru menyampaikan bahasan tentang penulisan, seputar Ide Tulisan. Tips dari Pak Jonru ini mudah diingat dan sangat praktis. Penjelasan Pak Jonru disimak dengan “diiringi” kopi tongkat Ali ….. sumbangan Pak Fathur.

Menurut penjelasan Pak Jonru, cara yang mudah untuk menulis adalah bertanya tentang sesuatu, bisa dimulai dari benda atau foto. Dengan bertanya, tulisan akan berkembang dari jawaban-jawaban pertanyaan yang ada. Selanjutnya tips agar bisa lancar dalam menulis adalah, tulislah apa yang ada di pikiran saat itu juga, selesaikan sampai tuntas dan jangan diedit. Jangan tergantung/dihalangi oleh mood menulis. Setelah selesai ditulis, barulah kita edit terutama dalam konsistensi isi tulisan, logika waktu dll. Agar tulisan bisa menarik, isi tulisan hendaklah memberi manfaat bagi pembacanya. Diskusi dengan Pak Jonru sangat menarik, dan kita menjadi “tercerahkan” bahwa menulis itu tidak sulit. Pada akhir pembicaraan, Pak Jonru, memberikan kami voucher belanja “Sekolah Menulis Online” (nilainya lumayan besar, bisa dijadikan discount SMO)

Menjelang akhir acara Pak Dudun mengumumkan kesepakatan untuk pertemuan yang akan datang adalah tanggal 19 April 2008, Insya Allah jika ada kesempatan, Pak Isdiyanto akan sharing ilmunya di pertemuan TDA Jakarta Selatan selanjutnya. Acara selesai jam 16.00 dan kamipun pulang ke rumah masing-masing dengan “charge” semangat dan “ilmu” yang diperoleh untuk melengkapi action peserta di bidangnya masing-masing. Alhamdulillah acara berlangsung sukses….. Terima Kasih Ibu Salma & Pak Alwi, Pak Jonru, Pak Isdiyanto, Pak Dudun dan kawan-kawan TDA Jaksel yang telah hadir. Sampai bertemu lagi dengan keberhasilan/ kemajuan yang kita harapkan.

TDA….. FUNtastic….

Note: tulisan ini menggunakan trik dari Pak Jonru, tulis sampai selesai, lalu edit. Dan ternyata memang manjur….

0 comments:

Kontak Langsung - Silahkan ketik pesan Anda

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):

About This Blog

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP